SEJARAH VESPA MASUK DI INDONESIA
VesmoX - Vespa masuk ke
Indonesia sekitar enam puluh tahun silam (dah tua juga Lurr) tepatnya saat vespa pertama
dihibahkan pada pasukan garuda di akhir tahun 50'an. Dalam waktu yang lama tersebut tentunya bayak variasi vespa yang hadir di Tanah Air. Mulai dari: VNB series, VBB series, VBA series, PX series,
Smallframe Series dan PS Series, yang akan kita ulas kali ini.
PS series pertama kali diproduksi pada tahun 1978, PS Series ini merupakan hasil murni karya PT Dan Motor Indonesia
yang menjadikan PT Dan Motor Indonesia sebagai top 5 produsen Vespa yang
dinaungi oleh Piaggio License setelah
negara Amerika, India dan Taiwan. Jadi Vespa Series PS termasuk jenis yang josss (handal Lurr) karena karya anak bangsa.
Desain yang unik, utamanya di bagian Bodi dan kaki-kaki, menjadikan PS
series sebagai varian baru di zamannya, penciptaan desain yang unik
tersebut bukan tanpa alasan, menurut beberapa sumber menyatakan: kalau
PS Series sengaja diciptakan dan didesain untuk kaum hawa, akanya jangan heran kalo ada yang bilang Vespa PS Series dengan sebutan Vespa Banci.(Bukan orangnya Lurr tapi Vespanya)
Di bagian lampu-lampu (headlamp dan stoplamp) PS Series pertama
mengaplikasikan lampu kotak yang sedikit berbeda bentuknya dengan varian
seperti Vespa Super dan PX, pengaplikasian lampu kotak pada series ini
bukan tanpa alasan; berdasarkan pengalaman dan survey vespa
terdahulunya, kalau pada
tahun-tahun tersebut lampu kotak dianggap lebih modern dibanding dengan lampu yang berbentuk/ berdesain bulat.
tahun-tahun tersebut lampu kotak dianggap lebih modern dibanding dengan lampu yang berbentuk/ berdesain bulat.
JENIS-JENIS VESPA PS SERIES
1. P150S 6volt kepala kotak tanpa lampu sein, diproduksi 1978 - 1983 sistem pengapian jenis platina,
tanpa kunci kontak.
2. P150S kepala kotak menggunakan lampu sein, diproduksi pada tahun 1978-
1983, sistem pengapian platina, kunci kontak di atas batok.
3. P150S SERA mengunakan lampu sein, diproduksi pada tahun 1983, 1984, 1986, dan 1987. Pada
umumnya PS yang diproduksi pada tahun 1983 dan 1984 masih menggunakan
spidometer bulat, namun ada juga yg sudah menggunakan spidometer
berbentuk ouval yang diproduksi pada tahun 1985 1986 dan 1987, dengan
sistem pengapian platina, kunci kontak yang sudah menyatu dengan kunci
stang.
4. P150SE strada II tanpa sen diproduksi pada tahun 1986, 1987 dan 1988,
sistem pengapian CDI, menggunakan spido bulat, dan kopling besar (7)
5. P150SE SERA II menggunakan SEN diproduksi pada tahun 1986-1988, sistem
pengapian CDI, belum AOM, spidometer berbentuk oval, dan kopling besar
(7)
6. P150SE strada dengan lampu SEN, AOM, diproduksi pada tahun 1986 dan 1987 (90'an awal)
7. P150SE strada II, AOM II, sistem pengapian jenis CDI, ini meruapakan
series PS terakhir dan menurut beberapa sumber menyatakan kalau pada
series PS strada II ini sudah menggunakan magnet seperti excel dan
'krengkes' yang sudah berlubang.
Terimakasih telah mampir di VesmoX. Salam mesin kanan.
Terus keistimewaannya apa?
BalasHapusVBX1T atau PS Series cuma ada di Indonesia atau IDM (Indonesian Domestic Market). Pertanyaan nya untuk PS Series apakah semua kelistrikan CDI nya menyebrang ke sebelah kiri? dan apakah PS Series 12V ada yg pakai platina dr pabriknya?
Hapus